Sabtu, 16 Januari 2010

Perkembangan Teknologi Internet di Indonesia

Sekarang teknologi informasi semakin maju, menghapus batas negara serta budaya . Tak terkecuali bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia . Meskipun penetrasi telepon masih belum sepenuhnya menjangkau saudara-saudara kita di seluruh penjuru tanah air, namun harus diakui gelombang penetrasi internet sudah sedemikian dasyatnya .
Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), rata-rata pertumbuhan internet di Indonesia mencapai 25 persen - 40 persen pertahun . Di tahun 2008 ini pengguna internet Indonesia diperkirakan 27 juta .
Pengguna internet dari tahun ke tahun akan semakin membludak seiring dengan semakin banyaknya akses point internet seperti warnet, Wi-Fi di pusat-pusat keramaian, 3G, HSDPA, dan lain-lain . Bahkan, bukannya tak mungkin jika Proyek Palapa Ring sukses, bakal tersedia bahdwidth internet bagi 40.000 desa .
Harus diakui, teknologi informasi bisa menjadi pisau bermata dua . Aksesnya yang begitu besar mampu menyediakan beragam informasi, tanpa terkecuali pornografi dan kekerasan .
Namun, bila dimanfaatkan dengan baik, teknologi informasi bisa menjadi saluran yang dasyat untuk mendapatkan dan menyampaikan beragam informasi pengetahuan demi kemaslahatan umat manusia .
Ada beberapa unsur yang bisa menjadi fokus dalam pemerataan akses informasi dan internet bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia . Diantaranya adalah e-ducation (pendidikan) dan e-conomy (ekonomi) yang dapat mengurangi gap teknologi komunikasi dan informasi antara pedesaan dan perkotaan .
Pada pertengahan kwartal pertama tahun 2002, terjadi fenomena menarik karena sebuah jaringan ISP terluas yaitu WasantaraNet telah menutup sebagian kantor cabangnya . Kemudian berikutnya, disusul ISP yang memiliki jaringan luas juga, yaitu MegaNet mengumumkan bahwa perusahaannyatelah menutup semua kantor operasionalnya . Kondisi ini jelas kurang menguntungkan bagi perkembangan aksesinformasi oleh masyarakat .
Dari kondisi tersebut, yang penting bagi user internet Indonesia adalah aksesnya yang murah dan cepat sehingga mereka dapat menikmati perkembangan teknologi informasi, terutama user internet di tingkat masyarakat daerah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar