Sabtu, 16 Januari 2010

Sejarah Perkembangan Internet

Internet berawal dari di terbitkannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960 . Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung . Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya .
Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh Angkatan Bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir . Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh . Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer .
Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer . Salah satunya adalah Universita of California at Los Angeles (UCLA) . Akhitnya tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini . Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet . Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol) .
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet . Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan bervariasi . Dahulu internet hanya dapat hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja . Tetapi saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon .
Disamping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif karena terlalu bebasnya informasi yang ada di internet sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat maupun dibaca .
Bila di rumah kta tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa memanfaatkan warnet atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi . Untuk mencari informasi atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan browser internet explorer . Kemudian isi alamat situs yang dituju pada address . Untuk mencari informasi cepat, gunakanlah situs pencari seperti : yahoo.com , google.com atau yang lainnya . Setelah masuk ke situs pencari tersebut, masukkan keyword yang dicari .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar