Sabtu, 16 Januari 2010

Sejarah Komputer

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala . Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia . Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapat hasil lebih cepat . Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik .
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan . Komputer yang ada sekarang ini memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa . Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermaket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia .
Sejarah komputer menurut periodenya yaitu :
  • Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik
  • komputer generasi pertama
  • komputer generasi kedua
  • komputer generasi ketiga
  • komputer generasi keempat
  • komputer generasi kelima
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage . Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan, sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu . Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik . Usaha Babbage yang pertama yaitu mengusulkan mesin suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial . Dengan menggunakan tenaga uap mesin itu dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis . Setelah itu dia berinisiatif untuk membuat komputer generasi pertama hingga komputer generasi kelima .
Negara Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima . Lembaga ICOT (Institute for new Computer Teknology) juga dibentuk untuk merealisasikannya . Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar